Rabu, 20 Juli 2016

Training Teknik Metoda 6S (5S + Safety) Sebagai Fondasi Implementasi LEAN Manufacturing dan LEAN SIX SIGMA, 0822.4558.2777 (Telkomsel)


Training Teknik Metoda 6S (5S + Safety) Sebagai Fondasi Implementasi LEAN Manufacturing dan LEAN SIX SIGMA





6S adalah teknik standardisasi pengorganisasian tempat kerja yang bebas dari pemborosan (MUDA) sebagai fondasi implementasi LEAN Manufacturing dan LEAN SIX SIGMA.
Teknik ini lebih dari sekedar aktivitas Housekeeping. 6S (SEIRI, SEITON, SEISO, SENSHU, SEIKETSU, SHITSUKE) adalah pendekatan 5S + Safety.




Di Toyota pemborosan dikenal dengan 3M (MUDA, MURA dan MURI). MUDA adalah aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah bagi pelanggan atau disebut juga sebagai pemborosan. MURA adalah ketidak konsitenan atau variasi yang menyebabkan pemborosan. Sedangkan MURI adalah sesuatu yang berlebihan yang dapat membahayakan keselamatan kerja dan menyebabkan kerugian karena berlebihan dalam pekaian atau produksi.
Secara sederhana Pemborosan di tempat kerja dikategorikan menjadi:
  1. Kompetensi Pekerja (Competency)
  2. Menunggu (Waiting)
  3. Pergerakan (Motion)
  4. Proses yang berlebihan (Over processing)
  5. Produksi yang berlebihan (Over production)
  6. Persediaan (Inventory)
  7. Transportasi (Transportation)
  8. Defect (Kerusakan Mutu)

Tujuan dan Manfaat Pelatihan
Dengan menerapkan 6S perusahaan menjadi mampu bersaing dipasar, dengan semakin menurunnya biaya produksi. Mengapa? Pemborosan yang ada telah diubah menjadi daya saing dalam bentuk produktivitas dan turunnya biaya. Disamping itu Budaya kerja disiplin dan seragam, menjadikan organisasi efektif dalam melakukan fungsinya. Dan lebih siap dalam menerapkan ‘Best Practice Manufacturing lainnya, seperti TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE, LEAN MANUFACTURING atau bahkan LEAN SIX SIGMA. Pada akhirnya perusahaan mampu menjadi perusahaan tingkat dunia (World Class).

Materi
  1. 14 Prinsip ‘TOYOTA PRODUCTION SYSTEM’
  2. Berfikir dan Cara Pandang dari sudut ‘LEAN Manufacturing’ (LEAN THINKING)
  3. 6S Sebagai alat Mengorganisasikan Tempat Kerja
  4. Penghapusan Pemborosan di Tempat Kerja (MUDA Waste Elimination)
  5. Membangun Gugus Kerja 6S
  6. Melakukan Audit 6S yang efektif
  7. Proyek 6S dengan dampak yang maksimal
 
Metode Pelatihan
Games, Workshop and PRESENTATION

Peserta
Mereka yang secara sadar ingin menjadi atau meningkatkan profesionalisme dalam bekerja, seperti Supervisor, manajer, kabag atau pimpinan tim/ unit kerja.

Fasilitator
Wawang Sukmoro
Lebih dari 17 tahun bekerja sebagai Manajer di Manufacturing Multinational Company dan berpengalaman dalam Quality Management, Penerapan Continues Improvement, Total Productive Maintenance, Lean Manufacturing di perusahaan Makanan, Tambang dan Metal.
Beliau banyak mendapatkan penghargaan dari perusahaan tempat beliau bekerja atas jasa-jasanya dalam meningkatkan produktivitas kerja, meng-eleminasi waste dan mengurangi biaya produksi pabrik.
Saat ini beliau banyak memberikan training-training pada bidang-bidang manufakturing khususnya pada bidang waste elimination, TPM, training for Manufacturing Trainer dan training-training managerial lainnya.

PT. Mitra Prima Produktivitas
Jakarta : Grand Wisata AK2 No.22, Spring Fiesta, Tambun Bekasi.
Malang : Jl. Tariku IV No.34 Malang
Hub :
-          0822.4558.2777
-          0857.9163.2999



0 komentar:

Posting Komentar